Dalam kegiatan berbisnis kita dapat mengenal istilah Business Acumen (Ketajaman Bisnis) adalah ketajaman dan kecepatan dalam memahami serta dapat  menentukan situasi atau pun kodisi dalam bisnis . Dalam prakteknya, orang yang memiliki Business Acumen (Ketajaman Bisnis)adalah orang yang memiliki ‘sense’ bisnis atau mampu melakukan bisnis ‘smart’ .

Mereka dapat memperoleh informasi penting tentang situasi , fokus pada tujuan utama bisnis , pilihan relevan dan berkualitas yang tersedia sebagai solusi bisnis , memilih tindakan yang tepat dan memulai rencana implementasi dalam melakukan pekerjaan yang kita lakukan . Ketika mereka mendapati adanya suatu perubahan , maka mereka beradaptasi dengan cepat dan tepat  terhadap keadaan yang tidak terduga , mereka membuat penyesuaian seperlunya dan menjaga kestabilan aktivitas bisnis agar tetap berjalan . Mereka dikagumi oleh banyak orang dalam ketajaman dan kesuksesan bisnis yang mereka jalankan .Business Acumen di Sektor Jasa Keuangan

Business acumen (kemahiran berbisnis) sering ditemui dalam tuntutan kompetensi seorang Manajer. Termasuk di dalamnya adalah bagaimana melihat dampak setiap kejadian terhadap keuangan perusahaan. Dalam bentuknya yang sudah matang, business acumen muncul dalam terbentuk insting yang melekat pada seorang Manajer. Semakin tinggi jabatan seorang Manajer semakin dituntut untuk memahami gambaran tersebut (big picture) yang memperlihatkan keterkaitan antar bagian atas suatu kejadian. Sudut pandang helikopter (helicopter view) membantu melihat seluruh kejadian dalam satu rangkaian.

Terdapat berbagai macam tuntutan pemahaman dalam business acumen ini, antara cashflow (arus kas), margin (tingkat laba), velocity (perputaran aset, asset turn over), return on investment (ROI), growth (pertumbuhanperusahaan), customer (pelanggan), employee (karyawan), wealth (kesejahteraan bagi investor). Berbagai macam elemen yang disebutkan memerlukan cara yang khas dalam mendayagunakannya.

TUJUAN PELATIHAN

  • Memahami kegiatan bisnis perusahaan secara holistik
  • Memahami konsep pendekatan strategik dan tidak terjebak dalam perannya di bagian masing-masing
  • Memahami isu kompleks dengan pola yang lebih sederhana
  • Memahami dampak setiap keputusan terhadap laba, arus kas, aset dan pertumbuhan
  • Memahami pentingnya orientasi pelanggan yang menjadi dasar keberlangsungan pertumbuhan perusahaan
  • Memahami peranan membangun kepuasan karyawan
  • Memahami sudut pandang investor terhadap perusahaan

MATERI PELATIHAN

Overview bisnis perbankan sekarang ini

Pengenalan business acumen

  • Apa dan mengapa harus business acumen?
  • Hubungan strategi bisnis dengan skill business acumen.
  • Analisa SWOT sebagai salah satu cara memprediksi bisnis.

Membangun dasar skill bisnis keuangan

Menjelaskan berbagai konsep dan jenis laporan keuangan.

Analisa dan pemahaman laporan keuangan.

Tiga skill penting business acumen

  • Finance skill.
  • Partnering skill.
  • Communication skill.

Membangun kemitraan  dengan nasabah

Lima (5) eleman dasar bisnis yang diharapkan perusahaan dari karyawan

  • Cash
  • Margin
  • Velocity
  • Growth
  • Customer

Decision making

Time Management

Leadership

Business acumen self assessment

DISC self assessment

Peserta Pelatihan:

Peserta diasumsikan sudah memahami laporan keuangan atau pernah mengikuti pelatihan FINNON: Understanding Financial Statement. Mereka yang ingin mendapatkan pemahaman keterkaitan antar bagian dan mengetahui dampaknya terhadap keuangan perusahaan:

  • Senior Manajer
  • Manajer
  • Analis