Home / Hukum / Jadwal Training 7-8 Oktober 2021-CYBERLAW CYBERCRIME DIGITAL FORENSIK DALAM SISTEM HUKUM INDONESIA 2.5/5 (1)

Jadwal Training 7-8 Oktober 2021-CYBERLAW CYBERCRIME DIGITAL FORENSIK DALAM SISTEM HUKUM INDONESIA

CYBERLAW, CYBERCRIME, DIGITAL FORENSIK DALAM SISTEM HUKUM INDONESIA

DESKRIPSI

Pemanfaatan Teknologi Informasi, media, dan komunikasi telah mengubah baik perilaku masyarakat maupun peradaban manusia secara global. Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi menyebabkan perubahan sosial, ekonomi, dan budaya secara signifikan berlangsung demikian cepat.

 

Seiring dengan perkembangan teknologi internet, menyebabkan munculnya kejahatan yang disebut dengan Cyber Crime atau kejahatan melalui jaringan Internet.  Munculnya beberapa kasus Cyber Crime di Indonesia, seperti pencurian kartu kredit, hacking beberapa situs, menyadap transmisi data orang lain, misalnya e-mail, dan memanipulasi data dengan cara menyiapkan perintah yang tidak dikehendaki ke dalam programmer komputer.

Cyber Law adalah aspek hukum yang istilahnya berasal dari Cyberspace Law, yang ruang lingkupnya meliputi setiap aspek yang berhubungan dengan orang perorangan atau subyek hukum yang menggunakan dan memanfaatkan teknologi internet/elektronik yang dimulai pada saat mulai “online” dan memasuki dunia cyber atau maya. Pada negara yang telah maju dalam penggunaan internet/elektronik sebagai alat untuk memfasilitasi setiap aspek kehidupan mereka, perkembangan hukum dunia maya sudah sangat maju.

Cyber Law sangat dibutuhkan, kaitannya dengan upaya pencegahan tindak pidana, maupun penanganan tindak pidana. Cyber Law akan menjadi dasar hukum dalam proses penegakan hukum terhadap kejahatan-kejahatan dengan sarana elektronik dan komputer, termasuk kejahatan pencucian uang dan kejahatan terorisme. Dengan kata lain, Cyber Law diperlukan untuk menanggulangi kejahatan Cyber.

 

TUJUAN PELATIHAN

Peserta pelatihan mampu memahami, menguasai dan memiliki kemampuan teknis dalam penerapan cyberlaw dalam setiap kegiatan usaha yang diselenggarakan oleh industri perbankan

 

MATERI PELATIHAN

  • Over View Cyber Crime dan
  • Pengenalan Cyberlaw dalam Sistem Hukum Indonesia
  • Isu-isu Hukum Pemanfaatan Teknologi Informasi
  • Cyberlaw dalam Layanan Jasa Perbankan di Indonesia
  • Teknik dan Strategi Penyusunan Kontrak dalam Layanan Internet Banking
  • Teknik dan Strategi Perlindungan Konsumen dalam Layanan Internet Banking
  • Teknik dan Strategi Perlindungan Hak Kekayaan Intelektual dalam Layanan Internet Banking
  • Pembatasan Tanggung Jawab dalam Layanan Internet Banking
  • Penyelesaian Sengketa Bisnis Internet Banking
  • Computer Forensic dalam Penguatan Aspek Hukum Internet Banking

 

PESERTA PELATIHAN

Untuk personal yang orientasi kerjanya berhubungan dengan teknologi informasi, cybercrime dan orang – orang yang tertarik untuk mendalami materi ini.

Nilai Kualitas Konten

About uvi.co.id

Check Also

INTERNATIONAL TRADE FINANCE 9 Oktober 2021

INTERNATIONAL TRADE FINANCE Jadwal pelatihan 9 oktober 2021 klik pendaftaran training di link ini DESKRIPSI …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *