Home / IT / Mengenal Apa itu API (Application Programming Interface) : Fungsi dan Cara Kerjanya 5/5 (3)

Mengenal Apa itu API (Application Programming Interface) : Fungsi dan Cara Kerjanya

Sebuah API adalah sekumpulan definisi dan protokol untuk membangun dan mengintegrasikan perangkat lunak aplikasi. API adalah singkatan dari antarmuka pemrograman aplikasi (Application Programming Interface). API memungkinkan produk atau layanan Anda berkomunikasi dengan produk dan layanan lain tanpa harus tahu bagaimana penerapannya.

Cara ini dapat menyederhanakan pengembangan aplikasi, menghemat waktu dan uang. Saat Anda merancang alat dan produk baru atau mengelola yang sudah ada, API memberi Anda fleksibilitas dalam menyederhanakan desain, administrasi, penggunaan, serta memberikan peluang untuk inovasi. API juga kadang-kadang dianggap sebagai kontrak, dengan dokumentasi yang mewakili perjanjian antara para pihak.

Contohnya jika pihak 1 mengirim permintaan jarak jauh yang disusun dengan cara tertentu, maka pihak 1 ingin mengetahui bagaimana perangkat lunak pihak 2 akan merespons. Karena API menyederhanakan cara pengembang mengintegrasikan komponen aplikasi baru ke dalam arsitektur yang ada, API mampu membantu bisnis dan tim IT untuk melakukan kolaborasi. Untuk lebih lanjutnya, mari mengenal API dan semua kelebihannya.

 

Mengenal Apa Itu API (Application Programming Interface)

Mengenal Apa itu API (Application Programming Interface) : Fungsi dan Cara Kerjanya

 

API didefinisikan sebagai spesifikasi kemungkinan prediksi interaksi dengan komponen perangkat lunak. Sederhananya API bisa dicontohkan sebagai sebuah kendaraan yang berisi komponen perangkat lunak. API akan mencakup informasi tentang apa yang dapat dilakukannya yakni mempercepat, mengerem, menyalakan radio, dan lain- lain. Didalamnya juga mencakup informasi tentang bagaimana Anda dapat membuatnya melakukan hal-hal yang berguna misalnya, untuk mempercepat, menginjak pedal gas dan mendorong.

API tidak perlu menjelaskan apa yang terjadi di dalam mesin ketika Anda menginjakkan kaki di pedal gas. Itu sebabnya, jika Anda belajar mengendarai mobil dengan mesin pembakaran internal, Anda bisa mendapatkan di belakang kemudi mobil listrik tanpa harus belajar keterampilan baru. Informasi apa dan bagaimana berkumpul bersama dalam definisi API, yang abstrak dan terpisah dari mobil itu sendiri. Satu hal yang perlu diingat adalah bahwa nama beberapa API sering digunakan untuk merujuk pada spesifikasi interaksi dan komponen perangkat lunak aktual yang berinteraksi dengan Anda.

Jadi API adalah antarmuka komputasi yang mendefinisikan interaksi antara beberapa perantara perangkat lunak. Dengan cara mendefinisikan jenis panggilan atau permintaan yang dapat dibuat, bagaimana membuatnya, format data yang harus digunakan, konvensi yang harus diikuti, dan lain- lain. API juga dapat menyediakan mekanisme ekstensi sehingga pengguna dapat memperluas fungsionalitas yang ada dengan berbagai cara dan ke berbagai tingkatan.

API dapat sepenuhnya berfungsi secara khusus, terutama untuk komponen, atau dapat dirancang berdasarkan standar industri untuk memastikan interoperabilitas. Melalui penyembunyian informasi, API memungkinkan pemrograman modular, yang memungkinkan pengguna untuk menggunakan antarmuka secara terpisah dari implementasinya.

Fungsi API bagi Para Pengembang atau Developer

Katakanlah Anda ingin mengembangkan aplikasi untuk iPhone. Sistem operasi Apple iOS menyediakan sejumlah besar API sama seperti halnya semua sistem operasi lainnya untuk mempermudah dapat mempermudah pengembang mereka seperti Anda. Berikut ini beberapa fungsi API yang umum bagi setiap pengembang yang menggunakannya :

  • Jika Anda ingin menyematkan peramban web untuk menampilkan satu atau beberapa laman web, misalnya, Anda tidak harus memprogram peramban web Anda sendiri dari awal hanya untuk aplikasi Anda. Anda dapat menggunakan WKWebView API untuk menyematkan objek browser WebKit (Safari) di aplikasi Anda.
  • Jika Anda ingin mengambil foto atau video dari kamera iPhone, Anda tidak perlu menulis antarmuka kamera Anda sendiri. Anda menggunakan API kamera untuk menanamkan kamera bawaan iPhone di aplikasi Anda. Jika API tidak ada untuk mempermudah metode ini, pengembang aplikasi harus membuat perangkat lunak kamera sendiri dan menginterpretasikan input perangkat keras kamera.
     
    Tetapi pengembang sistem operasi Apple telah melakukan semua bagian ini sehingga para pengembang hanya dapat menggunakan API kamera untuk menanamkan kamera, dan kemudian melanjutkan membangun aplikasi mereka. Maka ketika Apple meningkatkan API kamera, semua aplikasi yang bergantung padanya akan memanfaatkan peningkatan itu secara otomatis.

 

Ini berlaku untuk setiap platform. Misalnya, Anda ingin membuat kotak dialog di Windows? Anda juga dapat mengandalkan API. Ingin mendukung otentikasi sidik jari di Android? Anda juga bisa menggunakan API. Jadi Anda tidak perlu menguji sensor sidik jari setiap produsen Android serta pengembang tidak perlu mengulang prosesnya terus menerus.

 

 

Nilai Kualitas Konten

About uvi.co.id

Check Also

PELATIHAN & TRAINING DIGITAL MARKETING STRATEGY 2021 | MARKETING DIGITAL

PELATIHAN & TRAINING DIGITAL MARKETING STRATEGY 2021 | MARKETING DIGITAL DIGITAL MARKETING STRATEGY DESKRIPSI Digital …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *