Home / BUMN / MITIGASI RESIKO FINTECH 2 Oktober 2021 No ratings yet.

MITIGASI RESIKO FINTECH 2 Oktober 2021

MITIGASI RESIKO FINTECH

Jadwal pelatihan 2 oktober 2021

Klik link ini untuk pendafttaran training

DESKRIPSI

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah mengeluarkan peraturan (POJK) dan surat edaran (SEOJK) tentang layanan pinjam meminjam uang berbasis teknologi informasi. Salah satu hal penting dalam POJK dan SEOJK tersebut adalah memahami tata kelola, manajemen risiko, anti pencucian uang (APU) dan pencegahan pendanaan terorisme (PPT).

 

Pelatihan ini memberikan panduan kepada pelaku bisnis fintech p2p lending dalam memahami tata kelola, manajemen risiko, APU, dan PPT agar bisnis tetap dapat berjalan aman dan lancar. Beberapa hal penting yang akan dibahas dalam pelatihan ini ataralain pembuatan Standard Operating Procedure (SOP) manajemen risiko dengan teknis pelaksanaan yang sistematis dan terstruktur.

 

Pelatihan ini juga akan membahas kaitan lalu lintas transaksi yang dilakukan fintech p2p lending dengan sektor perbankan serta kasus-kasus terkait pencucian uang dan pendanaan terorisme.

 

TUJUAN PELATIHAN

  • Memberikan panduan membangun budaya sadar risiko pencucian uang dan pendanaan terorisme baik dari sisi funder maupun debitor.
  • Memberikan pengetahuan teknik mitigasi risiko pada bisnis fintech p2p lending.
  • Memberikan panduan penerapan prinsip Customer Due Diligence (CDD) pada bisnis fintech p2p lending.
  • Memberikan pengetahuan Good Corporate Governance pada bisnis fintech p2p lending.

 

MATERI PELATIHAN

  • Knowledge Check.
  • Budaya sadar risiko “financial crime”.
  • Berbagai isu terkait pencucian uang dan pendanaan terorisme baik domestik maupun internasional di berbagai sektor jasa keuangan.
  • Overview peraturan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).
  • POJK No 77/POJK.01/2016.
  • SEOJK No 18/SEOJK.02/2017.
  • Mekanisme Unit Kerja Khusus (UKK) dalam peranan penerapan prinsip Know Your Customer (KYC) dan Customer Due Diligence (CDD).
  • Prinsip Customer Due Dilligence (CDD).
  • Perlunya mengimplementasikan Prinsip CDD.
  • Proses CDD dan Penerapannya.
  • Hubungan antara CDD dan APU-PPT.
  • Pemantauan profil nasabah/transaksi nasabah.
  • Pembuatan profil nasabah berdasarkan risiko.
  • Penanganan nasabah berisiko tinggi (high risk customer).
  • Teknik identifikasi aktifitas Transaksi Keuangan Mencurigakan (TKM) fintech p2p lending.
  • Teknik money laundering dan pendanaan terorisme berbagai produk sektor keuangan bank maupun non bank seperti saham, asuransi jiwa, asuransi kerugian, dana pensiun, multifinance, dll.
  • Overview peraturan perundangan.
  • UU No 8 Tahun 2010 .
  • UU No 9 Tahun 2013.
  • Kepres No 13 Tahun 2018.
  • PerKa PPATK No Per-02/1.02/PPATK/02/15.

 

PESERTA PELATIHAN

Karyawan front liner.

Middle management yang berhubungan dengan konsumen.

Unit kerja atau pejabat yang bertanggung jawab atas penerapan program Know Your Customer (KYC), Customer Due Diligence (CDD), manajemen risiko, kepatuhan, internal audit, dll.

Nilai Kualitas Konten

About uvi.co.id

Check Also

INTERNAL AUDIT AND CONTROL BANKING & FINANCIAL SERVICES 16 Oktober 2021

INTERNAL AUDIT AND CONTROL BANKING & FINANCIAL SERVICES Jadawal pelatihan : 16 Oktober 2021 Daftar …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *