PENERAPAN PTK 007 REVISI 4 TAHUN 2017 SEBAGAI PEDOMAN PANGADAAN BARANG DAN JASA INDUSTRI HULU MIGAS 5/5 (1)

DESKRIPSI

Aktivitas pengadaan barang dan jasa di industri hulu migas mempunyai spesifikasi dan karakteristik khusus. Hal ini berhubungan dengan karakteristik proses bisnisnya yaitu HI-COST, HI-RISK, dan HI-TECH. Selain itu sistem PSC yg berlaku di Indonesia berdasarkan rezim kontrak, dimana Pemerintah dalam hal ini diwakili oleh SKK Migas bertindak sebagai pengawas, sedangkan KKKS (K3S) sebagai operator lapangan migas. Oleh sebab itu diperlukan regulasi khusus yang mengatur tata kelola pengadaan barang dan jasa di hulu migas di Indonesia

TUJUAN PELATIHAN

Tujuan dalam pelatihan ini antara lain:

  • Pengembangan kemampuan mengenai regulasi yang berlaku dalam proses pengadaan barang dan jasa di industri hulu migas Indonesia
  • Peningkatan pemahaman mengenai proses pengadaan barang dan jasa di industri hulu migas Indonesia
  • Identifikasi resiko dalam proses pengadaan barang dan jasa berdasarkan regulasi yang berlaku di industri hulu migas Indonesia
  • Antisipasi resiko dalam proses pengadaan barang dan jasa berdasarkan regulasi yang berlaku di industri hulu migas Indonesia

 

MATERI PELATIHAN

OVERVIEW

  • Ruang Lingkup
  • Kebijakan Umum
  • Keadaan Khusus

KEWENANGAN & PENGAWASAN

  • Kewenangan KKKS dalam Tahap EKsplorasi
  • Kewenangan KKKS dalam Tahap Eksploitasi
  • Tata Cara Permintaan Persetujuan
  • Pengecualian Permintaan Persetujuan

PENINGKATAN KAPASITAS NASIONAL

  • Ketentuan Umum
  • Pengutamaan Penggunaan Barang Produksi Dalam Negeri
  • Pengutamaan Penggunaan jasa Produksi Dalam Negeri
  • Preferensi harga
  • Pengawasan Penggunaan barang / Jasa produksi Dalam Negeri
  • Pembinaan Penyedia barang / Jasa
  • Program Pengembangan Vendor ( PPV )

PELAKU PENGADAAN BARANG DAN JASA

  • Pejabat Berwenang
  • Pengguna Barang / Jasa
  • Pengelola Pengadaan
  • Panitia tender

PERENCANAAN PENGADAAN BARANG / JASA

  • Penyusunan Strtategi Pengadaan
  • Penyusunan Paket Tender
  • Mekanisme Pengadaan barang / Jasa
  • Penyusunan Daftar Pengadaan
  • Pengadaan Komuditas Utama

MANAJEMEN KONTRAK

  • Manajemen Kontrak
  • Perubahan Lingkup Kontrak
  • Penyelesaian Perselisihan
  • Penutupan Kontrak
  • Ketentuan Umum

PENGELOLAAN PENYEDIA BARANG / JASA

  • Pembinaan Penyedia Barang/jasa
  • Pengawasan Penyedia Barang/jasa
  • Penilaian Kinerja Penyedia Barang/Jasa
  • Penghargaan atas Kinerja Penyedia barang/Jasa
  • Kategori Pelanggaran Penyedia Barang/Jasa
  • Tata cara Pengenaan dan Periode Sanksi Kepada Penyedia Barang / Jasa

PENGAWASAN & PENILAIAN KINERJA KKKS

  • Pengawasan Terhadap KKKS
  • Penilaian Kinerja KKKS

LAPORAN KEGIATAN PENGADAAN BARANG/JASA

  • Laporan Kegiatan Pengadaan Barang/Jasa melalui Sistem Informasi Pengelolaan Rantai Supalai ( SI – PRS ) SKK Migas
  • Laporan Kegiatan Pengadaan Barang / Jasa tanpa melalui sistem informasi pengelolaan rantai suplai ( SI – PRS ) SKK Migas

METODE PELATIHAN

  • Presentasi
  • Diskusi
  • Study Case
  • Group Disccusion

PESERTA PELATIHAN

Pelatihan ini ditujukan kepada :

  • Direktur perusahaan
  • Manager operasional
  • Divisi perencaan dan pelaksanaan barang dan jasa
  • Divisi pengadaan barang dan jasa
  • Pengusaha yang bergerak di industri migas
  • Kontraktor / vendor untuk perusahaan migas

Tanggal

1 – 2 April 2020

7 – 8 April 2020

14 – 15 April 2020

21 – 22 April 2020

 

Biaya Pelatihan

Jogjakarta | IDR 7.000.000 | Non – Residential  | Minimal 2 Peserta

Luar Jogja  | IDR 8.500.000 | Non – Residential  | Minimal 3 Peserta

 

Hubungi : 082146480457
Telp, Whatsapp, Telegram

Nilai Kualitas Konten

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*