Home / Akuntansi / TATA CARA PENYUSUSAN BILL OF QUANTITY 5/5 (1)

TATA CARA PENYUSUSAN BILL OF QUANTITY

TATA CARA PENYUSUSAN BILL OF QUANTITY

 

Tanggal                             : 3 – 4 Juli 2019

: 10 – 11 Juli 2019

: 17 – 18 Juli 2019

: 24 – 25 Juli 2019

: 30 – 31 Juli 2019

 

Biaya pelatihan            : Jogjakarta | IDR 6.500.000 | Non – Residential  | Minimal 2 Peserta

: Luar Jogja | IDR 8.500.000 | Non – Residential | Minimal 2 – 3 Peserta

 

DESKRIPSI

Harga atau nilai rupiah suatu proyek hingga selesai harus dituangkan secara lengkap di dalam RAB. RAB atau Boq yang benar adalah menampilkan semua volume gambar tender secara real dan memperhitungkan waste. Pengertian waste di sini adalah kemungkinan terbuangnya material dari total volume yang di tuangkan di dalam RAB sebagai contoh adalah perhitungan yang berhubungan dengan meter lari seperti pipa, kabel, kabel tray, ducting dll. Setelah itu ada sub bagian lain dari RAB yaitu harga satuan. Harga satuan terbagi atas bahan dan upah dan sebaiknya terpisah nilainya karena akan memudahkan kita untuk mengevaluasi RAB jika satu waktu terjadi negosiasi ataupun perubahan lingkup kerja.

Teknik penyusunan RAB bagi pemilik pekerjaan (pemilik dana) sangat berguna sebagai acuan untuk menentukan HPS jika pekerjaan akan dilelang kepada pihak ketiga (rekanan). Teknik penyusunan RAB yang baik tentunya membutuhkan personal yang mumpuni dan mempunyai wawasan dan pengalaman dalam pekerjaan/ proyek bangunan dan kemampuan untuk menghitung secara lengkap dan detail semua komponen biaya yang dibutuhkan dalam sebuah pekerjaan/ proyek bangunan. Dalam penghitungan RAB suatu proyek, sering kali membutuhkan sebuah aplikasi program komputer agar perhitungan RAB cepat dan akurat. Program yang digunakan adalah Microsoft Excel dengan menggunakan spreadsheet dan relatif mudah dan populer, menggunakan rumus atau fungsi yang dapat dengan cepat dan akurat. Hasil penghitungan masing-masing sheet dapat saling terhubung (link) dengan data atau sheet lainnya. Sehingga perubahan atas suatu data akan langsung dapat berpengaruh pada data atau penghitungan lainnya.

 

TUJUAN PELATIHAN

  • Memberikan gambaran kepada peserta bagaimana kompleksnya penyusunan anggaran
  • Memberikan ketrampilan untuk mengitung RAB secara cermat dan tepat serta akurat
  • Agar peserta bisa menyusun dengan baik RAB konstruksi dalam format Microsoft Excel
  • Memberikan wawasan mengenai komponen komponen biaya material dan non material.

 

MATERI PELATIHAN

  • Manajemen Proyek Bangunan
  • Komponen biaya material dan non material
  • Standar biaya umum untuk harga material dan non material berdasarkan permenkeu dan SNI
  • Penentuan volume pekerjaan
  • Input harga satuan bahan dan upah
  • Pembuatan HSP (harga satuan Pekerjaan)
  • Penggunaaan Mincrosoft Excel untuk efektifitas penyususnan RAB
  • penggunanaan template microsoft excel untuk perhitungan RAB
  • penyususnan RAB menggunakan Microsoft Excel
  • Pembuatan Kurva S
  • Pembuatan BQ (bill of quantity)/ Rekapitulasi
  • Paktek penyusunan RAB dan studi kasus

 

PESERTA PELATIHAN

Financial accounting & staff, financial manager & controller, project officer & analyst, accounting manager, purchasing manager,  atau bagian-bagian personal yang menginginkan pengetahuan seputar penyusunan RAB konstruksi.

Nilai Kualitas Konten

About uvi.co.id

Check Also

3-Dasar-Paling-Mendasar-dalam-Akuntansi

LOAN DOCUMENTATION

DESKRIPSI Pelatihan ini akan mengarakan peserta untuk lebih memahami perihal tentang perjanjian pinjaman. Pembahasan materi …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>