Training Auditor Hukum No ratings yet.

agustinDESKRISPSI

Keberadaan auditor hukum sebagai profesi hukum yang bersertifikat dalam menjalankan audit hukum sangat penting dan strategis dalam membangun sistem kepatuhan hukum di Indonesia. Program pendidikan dan pelatihan auditor hukum ini sangat penting karena pada saat ini masih banyak dari kalangan pejabat publik penyelenggara negara (legislatif, eksekutif dan yudikatif), dan swasta bahkan dari kalangan akademisi tidak menghormati, mentaati atau mematuhi hukum dalam setiap mengambil keputusan dan melakukan perbuatan hukum. Hal tersebut terjadi karena para pengambil keputusan tidak memahami adanya risiko hukum dalam pengambilan keputusan sehingga menimbulkan permasalahan-permasalahan hukum bahkan sengketa hukum dalam pelaksanaannya.

 

Hal ini terjadi sebagai akibat selama ini audit hanya dilakukan dari segi laporan keuangan dan penilaian aset saja. Audit dari segi hukum belum dilakukan kecuali untuk perusahaan-perusahaan tertentu yang akan menerbitkan dan melakukan penawaran umum atas efek. Oleh sebab itu, audit hukum sebelum perbuatan hukum perlu dilakukan. Dari hasil audit hukum tersebut akan dapat diindentifikasi adanya penyimpangan hukum  yang terjadi dalam suatu transaksi atau perbuatan hukum, sehingga diketahui tingkat  ketaatan dan kepatuhan hukum atau seberapa jauh hukum dipatuhi/ditaati oleh para pihak yang bersangkutan dalam melaksanakan perbuatan hukum.

 

MATERI PELATIHAN

 

  • Pengetahuan Umum tentang Audit dan Auditor Hukum
  • Ruanglingkup Auditor Hukum
  • Teknik dan strategi analisa hukum olehs eoarng auditor hukum
  • Audit Hukum Sektor Publik
  • Audit Hukum Sektor Swasta yang terdiri atas sektor Ekonomi dan Usaha
  • Audit Hukum Sektor Politik dan Sosial
  • Audit Hukum Kemasyarakatan serta Audit Hukum sektoral lainnya

 

 

rismaTARGET PESERTA PELATIHAN

Pelatihan ini sesuai diikuti oleh para staff legal perushaan dan para auditor hukum yang ingin meningkatkan kemampuannya mengenai audit hukum. Dan juga terbuka untuk mereka yang ingin tertarik menjadi seorang auditor hukum

Nilai Kualitas Konten

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*