IT governance adalah unsur tata kelola perusahaan yang bertujuan untuk meningkatkan manajemen teknologi informasi secara keseluruhan. Tidak hanya itu, adanya unsur ini juga bertujuan untuk memperoleh hasil investasi yang lebih baik dalam bidang sistem teknologi dan informasi. Kerangka kerja dari IT governance dapat memungkinkan perusahaan untuk mengelola risiko TI secara efektif. Selain itu, adanya kebijakan tersebut juga memastikan bahwa seluruh kegiatan yang berbau informasi dan teknologi sudah relevan dengan tujuan bisnis dari masing-masing perusahaan.

Teknologi Informasi Perusahaan
Dengan demikian, peranan IT governance sudah tidak diragukan lagi yaitu untuk mencapai sebuah tujuan perusahaan atau organisasi yang mengadopsi IT.
Seperti fungsi-fungsi manajemen lainnya, adanya kebijakan IT ini juga memungkinkan perusahaan untuk menghasilkan output yang maksimal serta membantu memecahkan suatu masalah.

Pelatihan ini merupakan pelatihan yang bersifat fundamental yang menjelaskan tahapan-tahapan dalam melakukan penerapan tata kelola teknologi informasi melalui pemanfaatan kerangka kerja kontrol teknologi informasi COBIT. Prinsip-prinsip tata kelola TI dijabarkan dengan menggunakan kerangka kerja atau framework yang berikut aplikasinya dalam tata kelola teknologi informasi serta hubungannya dengan kerangka kerja lainnya melalui studi kasus.

TUJUAN PELATIHAN
Mengidentifikasi issu-issu terkait IT Manajemen berpengaruh terhadap organisasi
Memahami adanya kebutuhan kerangka kerja kontrol yang dikendalikan oleh kebutuhan tata kelola IT
Mengerti bagaimana Cobit 5 memenuhi persyaratan sebagai kerangka kerja tata kelola IT
Mengetahui elemen-elemen dari kerangka kerja Cobit 5
Mengerti model pendekatan implemenasi Cobit 5

MATERI PELATIHAN
Definisi dan pendorong utama perlunya tata kelola TI
Keuntungan mengimplementasi tata kelola TI bagi organisasi
Arsitektur Tata Kelola TI
Isu dan tantangan manajemen TI terkatit tata kelola TI yang berdampak bagi perusahaan.
Memahami COBIT Process Reference Model, Prinsip, dan Enablers.
Cara melibatkan top management dalam proses implementasi
Melakukan asesment terhadap kondisi terkini tata kelola TI
Tahapan dan strategi dalam implementasi tata kelola TI
PESERTA PELATIHAN
Direksi
Top Management
IT Manager
IT Auditor
IT Operation Staff
IT Project Staff