Salah satu kutipan bapak Riza Perdana Kusuma ( Leadership & Customer Centricity Advisor ) mengatakan “ Customer adalah Segumpal Perasaan “. Ada perubahan defenisi yang dahulu menempatkan customer sebagai raja, menjadi segumpal perasaan yang harus dipenuhi keinginannya. Hal ini dilakukan tentunya dengan tujuan untuk mencapai kepuasan pelanggan yang sesungguhnya. Membangun komunikasi yang baik sebenarnya menjadi tanggung jawab semua orang yang berada di perusaaan, namun rekan-rekan yang berada di front liner menjadi ujung tombak dalam terbentuknya komunikasi yang efektif.
Komunikasi yang baik ini akan mempermudah rekan-rekan frontliner dalam menginformasikan produk perusahaan dan yang terpenting adalahsebagi kunci dalam mengatasi komplain yang muncul.
Untuk itu penting bagi semua pihak memiliki kemampuan komunikasi yang efektif sehingga mampu memberikan pelayanan terbaik bagi customer
Tujuan Pelatihan
Peserta memiliki kemampuan komunikasi yang lebih baik lagi
Peserta memahami tentang customer satisfaction
Peserta memiliki kemampuan handling complaint yang efektif
Peserta mampu menjadi representative perusahaan melalui ketrampilan komunikasi yang mumpuni
Materi Pelatihan
Menelusuri Data Statistik tentang kepuasan pelanggan
Pengertian dari kata “Customer” (Pelanggan)
Bagaimana membentuk paradigma “melayani”
Pengertian Kepuasan Pelanggan (Customer Satisfaction)
Pengertian Harapan Pelanggan (Customer Expectations)
Hal-hal mendasar yang menjadi harapan pelanggan
Peran faktor Manusia dalam proses Interaksi Komunkasi
Prinsip Dasar Komunikasi Efektif
Mengenal Sifat Dasar Manusia dalam berkomuniasi,sebagai dasar dalam memberi pelayanan
Pengertian “Personalized Service”
Peran aspek Manusia dalam mengantisipasi ketidakpuasan dan keluhan (handling complaint)
Tehnik menyatakan sikap “Empathy” terhadap kekecewaan pelanggan
Mengenal Jenis Pertanyaan serta tehnik Megajukan Pertanyaan dalam menggali akar masalah
Bagaimana melakukan respons dengan saran jalan keluar yang memuaskan pelanggan
Tindak lanjut dan Cek Pelaksanaan sebagai kunci keberhasilan ‘Handling Complaint”
Peserta Pelatihan
Pimpinan perusahaan atau pihak pengambil kebijakan
Manajer Sales & Marketing
Staff Sales & Marketing
Semua pihak yang membutuhkan pengetahuan seputar Customer Satisfaction Survey