Digital Marketing for Bank – Kegiatan pemasaran pada masa kini, yang ditandai dengan dominannya teknologi serta terjadinya disrupsi di banyak bidang, sudah semakin bergeser ke penggunaan Digital Marketing sebagai alat promosi produk dan sarana berhubungan dengan konsumen. Kegiatan promosi perbankan serta pelayanan konsumen sudah beralih kepada tools yang digitalized. Dunia perbankan yang awalnya kaku dan sangat terstandarisasi dalam operasionalnya saat ini sudah menggunakan media sosial (medsos) untuk berhubungan dengan generasi milenial yang akrab dengan teknologi digital. Pemanfaatan digital marketing untuk kegiatan pemasaran (menjangkau target market milenial, menawarkan produk baru, menaikkan citra bank, menangani keluhan pelanggan dll) menjadi semakin penting di masa mendatang.
Penguasaan digital marketing mengharuskan pemahaman ilmu marketing dan penerapannya di era digital. Banyak kebijakan dan taktik pemasaran yang harus digunakan lewat media digital, baik yang lewat market place maupun social media, website dan kanal digital lainnya. Digital marketer yang bekerja di bank harus bisa membuat content marketing yang menarik di social media dan dapat membuat digital campaign yang dapat mendorong penjualan produk perbankan. Juga digital marketer dapat menjaga citra bank serta menangani beragam hoaks dan keluhan para nasabah. Digital marketing tools yang tepat diterapkan dan dijalankan secara konsisten akan membantu Bank untuk beradaptasi dan terus bertumbuh di era hiper kompetitif seperti sekarang ini.
Tujuan
⦁ Memahami peran pemasaran dan digital marketing di tengah disrupsi yang saat ini terjadi.
⦁ Memahami perilaku nasabah milenial di era digital
⦁ Memahami dan merancang Komunikasi Pemasaran Digital untuk perbankan.
⦁ Memilah dan memilih media digital yang sesuai dengan target market perusahaan.
⦁ Mengkomunikasikan merek dan produk perbankan melalui content marketing lewat beragam media sosial elektronik (IG Story, FB Page dll).
⦁ Merencanakan dan melakukan implementasi kebijakan marketing digital di Bank.
Materi
⦁ Fenomena teknologi Internet
⦁ Digitalisasi dan Disrupsi Bisnis
⦁ Memahami Konsumen Produk Finansial Era Digital
⦁ Data Sebagai faktor Utama
⦁ Bentuk-bentuk media Digital di Indonesia
⦁ Channel Digital Marketing
⦁ Menjangkau Calon Nasabah Potensial
⦁ Mendorong kesadaran Digital Calon Nasabah
⦁ Mengikat Nasabah dalam lingkaran digital
⦁ Penerapan digital marketing perbankan Indonesia
⦁ Kelebihan dan Kekurangan Digital Marketing Perbankan Indonesia
Peserta:
⦁ Manajer Marketing Bank,
⦁ Marketing Executive Bank,
⦁ Communication and Public Relations Team
⦁ Teller
⦁ Team Marketing Perbankan
⦁ Dan Semua divisi yang membutuhkan wawasan marketing perbankan di era digital
Metode
⦁ Presentation
⦁ Discussion
⦁ Case study