Pengelolan arsip atau dokumen secara sistematis dan terintegrasi sangat diperlukan dalam mendukung kegiatan operasional perusahaan sehari hari. Pemahaman tentang bagaimana mengarsip,mengelola dan mengontrol dokumen sangat vital dalam penyediaan informasi yang up to date dan tepat bagi perusahaan. Pemanfaatan system informasi dan teknologi filing system merupakan kebutuhan yang tidak terelakkan lagi dalam memanage data dan dokumen yang riil time. Training ini akan membahas tentang bagaimana melakukan pengarsipan dan pengelolan dokumen kantor sehingga dokumen selalu dalam keadaan siap diperlukan, up to date dan dalam keadaan terkontrol.
Tujuan PELATIHAN
Peserta pelatihan mampu memahami bagaimana metode klasifikasi yang digunakan dalam sistem pengarsipan
Peserta pelatihan mampu memahami fungsi manajemen kearsipan untuk terciptanya keseimbangan arsip dalam segi penciptaan, lalu lintas dokumen, pencatatan, penerusan, pendistribusian, pemakaian, penyimpanan, pemeliharaan, pemindahan dan pemusnahan arsip.
Peserta pelatihan mampu menyederhanakan jenis dan volume arsip serta mendayagunakan penggunaan arsip bagi peningkatan kinerja dan profesionalitas institusi atau lembaga dengan biaya yang efektif dan efisien.
Materi PELATIHAN
Ruang lingkup document control dan filing system
Konsep dan Prinsip Pengelolaan Arsip
Konsep 5-S dalam Pengelolaan Arsip
Implementasi Document Management System (DMS)
Pemanfaatan Teknologi Digital dan Elektronik dalam Dokumentasi Arsip
Pengelolaan Arsip dengan Bantuan Software dan Hardware
Distribusi & Disposisi Dokumen
Aspek Legalitas dalam Pengarsipan
Teknik Penamaan, Penyimpanan & Pengendalian) Arsip
Peserta Pelatihan
Manajer
Sekretaris
Staff bagian administrasi
Semua pihak yang membutuhkan pengetahuan seputar Document Control and Filing System