Sering kita mendengar tentang Komunikasi dalam negosiasi, bagaimana sebuah komunikasi yang effektif melahirkan negosiasi yang baik pula. Namun dalam prakteknya tidak banyak orang yang mampu mengeluarkan kemampuan berkomunikasi yang baik, sehingga mempengaruhi proses negosiasi yang berjalan. Industri perbankan merupakan industri yang menuntut adanya kemampuan berkomunikasi serta negosiasi yang efektif, sehingga rekan-rekan yang berada di dalam lingkungan industri ini dapat membekali diri dengan kemampuan komunikasi dan negosiasi yang baik.
Kemampuan berkomunikasi dan Negotiation skills sangat dibutuhkan para pekerja yang berada di posisi frontliner perbankan dan industri keuangan lainnya. Contoh pekerjaan yang membutuhkan keterampilan negosiasi antara lain account officer, RM, marketing, CS, teller dan collection. Kemampuan negosiasi berkaitan erat dengan peningkatan pelayanan dan kemampuan menjual produk.
Pelatihan Communication and Negotiation Skills for Banking Purpose ini akan memberikan keterampilan yang dibutuhkan dalam bernegosiasi dengan para nasabah dan partner kerja lainnya yang meliputi skill problem solving, decision making, dan effective communication.
TUJUAN PELALTIHAN
- Mampu untuk menangani keberatan dan pertanyaan-pertanyaan dari para nasabah.
- Mengidentifikasi strategi negosiasi untuk mencapai kesepakatan sesuai dengan kondisi yang ada.
- Mampu berkomunikasi efektif.
- Menerapkan langkah-langkah proses negosiasi efektif.
- Meningkatkan teknik untuk membangun keterampilan komunikasi yang efektif.
- Memahami etika dalam berkomunikasi, baik etika komunikasi langsung maupun melalui internet, baik komunikasi verbal maupun non verbal.
- Meningkatkan keahlian berkomunikasi, khususnya meningkatkan fleksibilitas dalam bekerja dengan tipe orang yang berbeda budaya atau berbeda cara berkomunikasinya.
- Menjadi pribadi yang berkualitas dengan komunikasi
- Memahami bagaimana mengelola emosi secara positif untuk membangun komunikasi efektif antar anggota organisasi.
- Meningkatkan kualitas kerja dan menguatkan performa team.
MATERI PELATIHAN
- Mengembangkan percaya diri dalam berkomunikasi
- Building Blocks (Faktor yang menjadi penyebab Kesulitan & Kegagalan Komunikasi)
- Hubungan antar pribadi dalam komunikasi
- Communication & Behavioral Style
- Pentingnya body Language dalam komunikasi yang efektif
- Gaya komunikasi yang baik & dapat diterima oleh orang lain
- Media komunikasi
- Self assessment–negotiator style
- Definisi dan pengertian negosiasi
- Prinsip-prinsip utama dalam negosiasi
- Ketrampilan umum yang diperlukan dalam negosiasi
- Strategi Negosiasi dan Style Komunikasi
- Berbagai teknik negosiasi dalam menangani komplain dan objection
- Peranan Problem Solving & Decision Making dalam Negosiasi
PESERTA PELATIHAN
- AO/RM Funding & Lending
- Marketing
- Collection
- Customer Service
- Teller,