Tata kelola manajemen housekeeping di perusahaan adalah serangkaian proses dan praktik yang dirancang untuk mengelola departemen housekeeping dengan efisien dan efektif. Tujuan dari tata kelola ini adalah untuk memastikan kebersihan, kesehatan, dan keamanan lingkungan kerja, serta memberikan layanan yang berkualitas kepada karyawan dan pelanggan.Management Housekeeping Untuk Perusahaan

Housekeeping merupakan bagian dari departemen yang bertanggung jawab dalam mengatur atau menata peralatan, menjaga kebersihan dan kenyamanan, memperbaiki kerusakan dan dekorasi lingkungan kerja dengan tujuan agar lingkungan kerja tersebut tampak rapi, bersih, menarik dan menyenangkan bagi penghuninya. Secara umum, fungsi housekeeping management yaitu melakukan perencanaan (planning), organizing, staffing, leading and controlling yang harus diterapkan secara konsisten. Tujuan utama yang harus dicapai dengan adanya housekeeping management yaitu menciptakan lingkungan kerja dan budaya kerja yang baik sehingga kinerja karyawan dapat optimal.

Tujuan

  • Meningkatkan pemahaman karyawan tentang pentingnya kebersihan, sanitasi, dan keselamatan dalam lingkungan kerja.
  • Mengajarkan karyawan tentang teknik-teknik pembersihan dan perawatan yang efektif dan aman.
  • Membantu karyawan memahami standar-standar kualitas layanan.
  • Meningkatkan keterampilan karyawan.
  • Memperkenalkan karyawan pada sistem dan prosedur manajemen housekeeping yang efektif.
  • Mengembangkan keterampilan komunikasi karyawan dengan tamu atau pelanggan.
  • Meningkatkan kemampuan karyawan dalam mengatasi masalah atau situasi yang tidak terduga

Materi:

  • Konsep dan Fungsi Housekeeping Management
  • Memahami konsep dasar pelayanan
  • Keterampilan mengelola waktu dan memprioritaskan pekerjaan, identifikasi hal penting dan mendesak serta menentukan urutan prioritas
  • Penerapan konsep 5S
  • Pengukuran Kinerja 5S dan Evaluasi penerapan 5S
  • Komunikasi efektif dan mengembangkan kecerdasan emosi
  • Teknik mencari penyebab masalah yang sering timbul dalam fungsi kerja housekeeping
  • Membuat rencana dan mengevaluasi kerja harian dan bulanan

Peserta:

  • General Affair / General Services
  • Staff housekeeping / cleaning services
  • Semua pihak yang membutuhkan pengetahuan seputar Housekeeping Management

Fasilitas

  • Sertifikat pelatihan
  • Modul pelatihan
  • Souvenir Pelatihan
  • Training kits
  • Coffee break
  • Makan siang

Metode:

  • Presentation
  • Discussion
  • Case study
  • Discussion Group