Desain Komunikasi pada dasarnya merupakan istilah penggambaran untuk proses pengolahan media dalam berkomunikasi mengenai pengungkapan ide atau penyampaian informasi yang bisa terbaca atau terlihat. Desain Komunikasi Visual erat kaitannya dengan penggunaan tanda-tanda, gambar, lambang dan simbol, ilmu dalam penulisan huruf (tipografi), ilustrasi dan warna yang kesemuanya berkaitan dengan indra penglihatan.
Proses komunikasi disini melalui eksplorasi ide-ide dengan penambahan gambar baik itu berupa foto, diagram dan lain-lain serta warna selain penggunaan teks sehingga akan menghasilkan efek terhadap pihak yang melihat. Efek yang dihasilkan tergantung dari tujuan yang ingin disampaikan oleh penyampai pesan dan juga kemampuan dari penerima pesan untuk menguraikannya.
Dalam pelatihan ini, peserta akan diberikan pemahaman bagaimana komunikasi visual ini menjadi salah satu ketrampilan berkomunikasi yang perlu dimiliki. Karena di dalam prosesnya komunikasi visual ini mengajak peserta untuk lebih kreatif dan inovatif dalam berkomunikasi, terutama sekali Ketika peserta harus berhadapan dengan audience di era digital dan kecanggihan teknologi masa kini.
TUJUAN PELATIHAN
Mengetahui dan memahami definisi / konsep desain komunikasi visual.
Mengetahui dan memahami konsep komunikasi dan kreativitas
Mengetahui dan memahami desain komunikasi visual sebagai arts of communication
MATERI PELATIHAN
Definisi dan Konsep Desain Komunikasi Visual.
Proses Komunikasi.
Psikologi Komunikasi.
Elemen-elemen Desain Komunikasi Visual.
Unsur-unsur Desain Komunikasi Visual.
Prinsip-prinsip Desain Komunikasi Visual.
Fungsi Desain Komunikasi Visual.
Desain Komunikasi Visual sebagai sarana identifikasi
Desain Komunikasi Visual sebagai sarana informasi
Desain Komunikasi Visual sebagai sarana promosi
Desain Komunikasi Visual sebagai arts of communication.
Visual Periklanan
Komunikasi Multimedia.
Studi kasus dan diskusi.
PESERTA PELATIHAN
Jajaran manajerial di Perusahaan/lembaga/instansi
Semua karyawan Perusahaan/lembaga/instansi yang ingin meningkatkan kapasitas diri, terutama di bidang komunikasi