Organisasi yang AGILE bekerja dengan model leadership yang adaptif dan fleksibel. Struktur organisasi terdiri dari berbagai team kecil dan besar yang lintas fungsi (cross functional). Mereka fokus berkolaborasi untuk menghantarkan value ke kustomer dengan cepat dan tepat. Mendapatkan penanaman prinsipal dan nilai-nilai Agile untuk para pemimpin dalam organisasi menjadi suatu langkah awal yang harus dilakukan. Training Agile Leadership ini memberikan para pemimpin suatu insight baru tentang pentingnya kesahajaan, radikal transparansi, kesadaran mau menerima feedback, keinginan terus melakukan perbaikan, dan culture mau terus belajar. Pola pikir (mindset) tersebut diperlukan agar pemimpin mampu memaksimalkan intelektual kolektif dari tim dan organisasinya.Professional Agile Leadership

Prinsip dan mindset tersebut harus mengakar pada diri seorang pemimpin yang adaptif dan fleksibel, dimana mereka memimpin dengan mencontohkan dan melayani. Bergeser dari pemimpin yang command & control ke seorang Agile Leader.Training Agile Leadership ini memberikan perspektif dan insight baru tentang bagaimana nilai, mindset dan cara kerja Agile seharusnya di-nurture di organisasi.

Tujuan Pelatihan
Mengidentifikasi tantangan bisnis dan organisasi dalam perubahan yang sangat dinamis, kompleks dan sukar diprediksi
Menjelaskan konsep, pola pikir dan tingkat kepemimpinan tangkas (Agile Leadership)
Mengidentifikasi level / tingkat kepemimpinan tangkas
Menjelaskan kompetensi yang harus dimiliki pemimpin tangkas
Menggunakan kompetensi kepemimpinan tangkas dalam menghadapi perubahan yang cepat

Materi Pelatihan

  • Apa dan Kenapa Penting menjadi Agile (VUCA)
  • Cynefin Framework untuk Complex Adaptive System
  • Apa yang dimaksud dengan Agile (Agile Manifesto)
  • Apa yang membedakan Agile dan Pendekatan Tradisional/SDLC
  • Behaviour dan Kapabilitas Apa yang harus dimiliki untuk menjadi Agile Leader
  • DRIVE: Apa yang memotivasi knowledge worker
  • Self Organizing vs Micro Managing/Command and Control
  • Cross Functional Team vs Bureaucracy / Silo
  • Action Plan
  • Retrospective dan Feedback

Peserta Pelatihan

  • Staf yang dipersiapkan sebagai manajer tingkat lini pertama
  • Supervisor
  • Manager