Berbagai lembaga, institusi dan organisasi saat ini semakin merasakan perlunya keberadaan petugas kehumasan yang memiliki kompetensi tinggi, karena dinamika publik atau masyarakat memang kian beragam dan berkembang. Salah satunya adalah keterampilan mengelola kegiatan/acara, baik acara resmi ataupun tidak resmi.
Salah satu fungsi utama seorang Pembawa Acara (master of ceremony/MC) ialah memandu, mengendalikan, dan mengatur acara secara sistematis, efektif dan efisien untuk mencapai tujuan kegiatan. Selain itu juga bertanggung jawab memastikan acara berlangsung lancar dan tepat waktu, meriah atau khidmat dari awal hingga akhir. Dalam konteks keorganisasian, MC sering menjadi bagian dari kegiatan kehumasan dan keprotokoleran.
Oleh karena itu, para Master of ceremony (MC) perlu memiliki pemahaman akan fungsi dan peran kehumasan, keprotokoleran, UU keprotokolan, etika dan tata acara dan upacara, serta mesti mampu membangun attitute profesional serta mememiliki keterampilan berkomunikasi yang baik, yang semuanya itu sangat mempengaruhi citra dan reputasi institusi.
Tujuan Pelatihan:
Peserta pelatihan mampu mengetahui serta memahami etiket dan protokol sebuah kegiatan/acara
Peserta pelatihan mampu memahami berbagai hal terkait keprotokoleran dan penjamuan tamu-tamu penting.
Materi Pelatihan
Dasar-Dasar Kehumasan
Komunikasi Efektif
Keahlian Komunikasi Interpersonal
UU Keprotokolan
Manajemen Keprotokolan
Tata tempat, tata penghormatan dan tata upacara
Master of Ceremony
Contoh-Contoh Acara ( Studi Kasus )
Etika Pergaulan Professional
Strategi menghadapi berbagai kendala Protokoleran
Praktek menjadi Protokol acara resmi, semi resmi dan tidak resmi baik dihadiri pejabat asing, pejabat tinggi negara, Pimpinan Daerah, CEO atau mitra kerja.
Peserta Pelatihan:
Manajer Humas atau PR
Staff Humas atau PR
Semua pihak yang membutuhkan pengetahuan seputar Protokoler & Executive Support