Corporate branding merupakan salah satu aspek paling penting dari sebuah strategi pemasaran perusahaan secara keseluruhan. Melihat perannya yang penting, wajar saja bila perusahaan menerapkan sejumlah taktik, tindakan, dan pedoman branding yang menjadi identitas unik untuk bisnis dan produk. Corporate branding juga sesungguhnya melampaui apa yang mungkin dianggap banyak orang sebagai logo, tagline, atau skema warna tertentu.
Meskipun corporate branding termasuk proses kerja divisi marketing, strategi ini sebenarnya memiliki konsep dan tujuan yang jauh lebih luas dari sekadar mempromosikan produk dan layanan perusahaan. Bila dapat dibentuk dengan baik, strategi ini dapat memberikan keunggulan kompetitif bagi perusahaan. Penjualan produk dan layanan di pasar dapat meningkat drastis karena konsumen menyadari perusahaan melalui identitas serta nama mereknya yang kuat.
Tak hanya itu, strategi branding yang matang akan membentuk sebuah perasaan emosional dari konsumen. Pelatihan ini akan mengajak peserta untuk mengidentifikasi point-point penting dalam menerapkan branding strategi dan bagaimana mengelolanya dengan social media.
TUJUAN PELATIHAN
- Menentukan strategi branding yang sesuai dengan perushaan
- Menghubungkan branding dengan visi, misi, nilai, dan budaya perusahaan
- Mengekspresikan merek melalui citra, kepribadian, dan karakteristiknya
- Mempertahankan dan mengembangkan merek dari waktu ke waktu
MATERI PELATIHAN
- Apa itu merek?
- Apa yang diharapkan para pemimpin ketika mereka berinvestasi dalam branding?
- Siapa pemilik merek kita?
- Bagaimana merek menambah nilai bagi sebuah organisasi?
- Bagaimana menghubungkan merek dengan misi, visi, nilai, dan tujuan organisasi?
- Apa yang harus termasuk dalam merek? – diferensiasi, relevansi, kepercayaan, emosi
- Menciptakan Brand yang Effective
- Developing Support untuk Pengembangan brand
- Bagaimana menjelaskan Brand yang di bangun ke khalayak luas
- Protecting Brand Over Time
- Target & Brand Understanding
- Consumer Strategic platform: long term strategy, key brand growth drivers, brand essence and brand architecture, brand positioning
- Konsep marketing, brand management dan brand equity
PESERTA PELATIHAN
- Marketing directors
- Business owners
- PR managers, PR Executives & Marketing Executive
- Branding, product, design & marketing managers
- Graphic designers in the private sector, public sector and start-up