Komunikasi menjadi salah satu kunci keberhasilan pelayanan publik. Agar dapat memberikan pelayanan yang baik dan efektif, diperlukan suatu teknik dan etika berkomunikasi dengan orang lain, baik melalui lisan dan tertulis di dalam internal organisasi dan pihak eksternal. Tolak ukur komunikasi yang baik dan berhasil adalah bahwa apa yang kita sampaikan dapat ditangkap dengan baik maksud dan tujuannya oleh pihak pendengar.
Maka dari itu diperlukan sebuah keahlian khusus dalam berkomunikasi bahkan bernegosiasi dengan pihak lain terutama dalam situasi dan kondisi formal untuk kepentingan perusahaan, seperti meeting atau tender. Melalui training ini peserta akan memperoleh penjelasan tentang bagaimana cara berkomunikasi dengan orang lain secara lisan dan tertulis sesuai dengan etika dan batasan dalam komunikasi agar kesalahpahaman dapat terhindarkan.
Tujuan Pelatihan:
Meningkatkan teknik untuk membangun keterampilan komunikasi yang efektif.
Menjadi pribadi yang berkualitas dan dipercaya dalam berhubungan dengan orang lain
Memahami etika dalam berkomunikasi, baik etika komunikasi langsung maupun melalui internet, baik komunikasi verbal maupun non verbal.
Meningkatkan keahlian berkomunikasi, khususnya meningkatkan fleksibilitas dalam bekerja dengan tipe orang yang berbeda budaya atau berbeda cara berkomunikasinya.
Mampu memahami dan menggali maksud, keinginan, dan kebutuhan orang lain secara lebih cerdas, dan mamopu menyampaikan ide (gagasan) dengan lebih meyakinkan.
Mampu berkomunikasi dengan kalimat, intonasi, bahasa tubuh yang baik dan menjadi pendengar yang dapat dipercaya
Menjadi pribadi yang berkualitas dengan komunikasi
Memahami bagaimana mengelola emosi secara positif untuk membangun komunikasi efektif antar anggota organisasi.
Meningkatkan kualitas kerja dan menguatkan performa team.
Materi Pelatihan:
Konsep Pelayanan Prima
Manfaat Pelayanan Prima
Karakter Pelayanan Publik
Teknik Komunikasi
Komunikasi Empati
Komunikasi Assertif
Teknik Menghadapi Pelanggan Complaint
Teknik Menjaga Emosi
Media komunikasi
Komunikasi birokrasi
Etika dan Sikap dalam Pelayanan Public
Etiket dalam pelayanan public
SIkap dalam pelayanan publik
Etika komunikasi berhubungan dengan teknologi informasi
Peserta Pelatihan:
Head of Departement / Manager
Supervisor
Staf Terkait
Siapa saja yang ingin meningkatkan kemampuan komunikasi yang baik